Seputar Peradilan

WhatsApp Image 2021-06-02 at 21.49.39.jpeg 

Mediasi merupakan salah satu rangkaian penting dari keseluruhan proses penanganan perkara di Pengadilan. Mediasi merupakan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2016. Sebagaimana aturan tentang mediasi, hakim mediator selalu menjelaskan tata cara mediasi dan keuntungan-keuntungan proses mediasi untuk para pihak yang mau berdamai.

Rabu (02/06/2021), proses mediasi yang dilakukan oleh Hakim Mediator, Hj. Irmawati, S.Ag., S.H., M.H., bertempat di Ruang Mediasi Pengadilan Agama Pangkajene, berhasil mendamaikan para pihak yang sedang berperkara dalam gugatan harta bersama perkara Nomor 0202/Pdt.G/2021/PA.Pkj. Para pihak berperkara mengikuti proses mediasi mulai tanggal 24 Mei 2021 sampai dengan 02 Juni 2021, hingga pada akhirnya mereka mencapai kesepakatan damai yang selanjutnya dituangkan dalam sebuah Kesepakatan Perdamaian.

Keberhasilan mendamaikan para pihak yang berperkara tersebut tidak terlepas dari kepiawaian Hakim Mediator yang ditunjuk, yang juga merupakan Ketua Pengadilan Agama Pangkajene, dalam menjalankan fungsinya sebagai Mediator dalam proses mediasi Perkara Nomor 0202/Pdt.G/2021/PA.Pkj. Selanjutnya, dengan adanya kesepakatan damai antara para pihak, yang nantinya akan dikukuhkan dalam putusan perdamaian (Akta van dading) maka berakhirlah persengketaan antara mereka dan kesepakatan perdamaian tersebut mengikat bagi para pihak selayaknya undang-undang, karena sejatinya perdamaian merupakan keadilan yang tertinggi (Al-Sulhu Sayyidu Al-Ahkam”).


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas