Seputar Peradilan

 

WhatsApp Image 2021-06-24 at 13.43.43.jpeg

Sidang di Luar Gedung Pengadilan adalah sidang yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh Pengadilan di suatu tempat yang ada di dalam wilayah hukumnya tetapi di luar tempat kedudukan gedung Pengadilan dalam bentuk Sidang Keliling atau Sidang di tempat sidang tetap.” (Pasal 1 ayat (5) Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan HUkum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan).

Dengan berpedoman pada peraturan tersebut, pada hari Selasa, tanggal 15 Juni 2021, Pengadilan Agama Pangkajene kembali mengadakan Sidang di Luar Gedung dalam bentuk sidang keliling tepatnya di Desa Mattiro Bombang Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Sidang Keliling tersebut dipimpin oleh Muhammad Husni, Lc. selaku Hakim Tunggal yang menyidangkan 2 (dua) perkara Dispensasi Kawin, yaitu perkara Nomor 0095/Pdt.P/2021/PA.Pkj dan Nomor 0098/Pdt.P/2021/PA.Pkj, dengan didampingi oleh Hj. Mardiana, S.H., M.H. sebagai Panitera Pengganti.

WhatsApp Image 2021-06-24 at 13.47.31.jpeg

Kendati hanya ada 2 (dua) perkara yang disidangkan dalam Sidang Keliling kali ini, namun hal tersebut tidak sedikitpun mengurangi semangat aparatur Pengadilan Agama Pangkajene yang harus menempuh perjalanan darat dan laut selama beberapa jam dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Semuanya dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang berada di wilayah kepulauan karena akses yang cukup sulit dan memerlukan biaya yang tidak murah untuk datang langsung ke Pengadilan Agama Pangkajene. Harapannya, Sidang Keliling ini dapat menjadi sarana bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan hukum dan keadilan (justice for all and justice for the poor).